BIDVERTISER

Monday, December 21, 2015

SOAL UAS FIQH MUAMALAH

Nama Mata Kuliah             : FIQH MUAMALAH
Semester                           : III (Tiga)
  1. Menurut agama Islam, seseorang boleh mendelegasikan suatu tindakan tertentu kepada orang lain dimana orang lain itu bertindak atas nama pemberi kuasa atau yang mewakilkan sepanjang hal-hal yang dikuasakan itu boleh didelegasikan oleh agama. Salah satu dalilnya terdapat dalam surat Al-Kahfi ayat 19. Coba Saudara jelaskan makna dari ayat tersebut secara mendetail.
  2. Menurut Jumhur Ulama, rukun dan syarat Wakalah adalah sebagai berikut :a) Al-Muwakkil, b) Al-Wakil dan c) Objek yang diwakilkan. Jelaskan persyaratan yang harus dipenuhi oleh ketiga bagian dari rukun di atas!
  3. Coba saudara bandingkan pandangan Ulama Hanafiyah dan Ulama Syafi’iyah tentang pemanfaatan barang gadai disertai dengan dalil/ alasan-alasannya.
  4. Tuliskan sebuah kasus yang berhubungan dengan Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah, kemudian berikan analisis saudara disertai dengan dalil yang relevan.
Persyaratan menjawab soal :
  1. Jawab dan analisis-lah setiap soal yang ada dengan menggunakan referensi yang memadai dan relevan.
  2. Setiap jawaban yang memiliki kesamaan dengan temannya akan menyebabkan dibatalkannya hasil ujian saudara dan nilai saudara hanya diambil dari hasil test selain ujian semester ini.
  3. Jawaban yang sama sekali berbeda dari temannya akan mendapatkan skor tambahan sebesar 10%
  4. Jawaban yang memiliki buku referensi yang relevan akan memperoleh skor tambahan sebesar 20% dari skor aslinya.
  5. Seluruh jawaban wajib untuk diketik rapi pada kertas ukuran kwarto (letter) dengan menggunakan huruf Arial ukuran 12 dengan menggunakan spasi 1 1/5 dan kemudian anda kirimkan melalui email dengan menuliskan pada bagian subjek pengirim NAMA-SEMESTER-NPM-JAWABAN FIQH MUAMALAH. Contoh : Jika nama peserta ujian Sri Wahyuni NPM 1402010015 semester III A maka yang dituliskan pada bagian subjek pengirim adalah SRI WAHYUNI-IIIA-1402010015-JAWABAN FIQH MUAMALAH
  6. Setiap peserta ujian menuliskan NAMA dan diikuti dengan NPM serta SEMESTER masing-masing pada bagian awal lembar jawabannya.
  7. Pada waktu pelaksanaan ujian semester, jawaban yang telah anda ketik tersebut anda tuliskan kembali pada lembar jawaban yang terdapat pada karung soal.
  8. Kemudian jawaban yang telah diketik rapi tersebut dikumpulkan pada waktu pelaksanaan ujian semester dan disatukan dengan lembar jawaban tulisan untuk dimasukkan ke dalam karung soal.



Kisaran, 20 Desember 2015
Dosen Penanggung Jawab,

M.A. ISMA
 

No comments:

KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM - BUKU PDF

 KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM Berikut kami sampaikan link untuk download buku KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM. Silahkan download melalui ...

BIDVERTISER

PROMOSI GRATIS !!!!

ANALYTIC SCRIPT

ADVERTISE HERE

PROMOTE !!!

PASANG IKLAN DI SINI !!!

GABUNG SEGERA !!!!!