ANALISIS BUTIR KUESIONER
PENILAIAN GURU TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA
PENILAIAN GURU TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA
TERHADAP
LINGKUNGANNYA
A.Pendahuluan
Makna akhir dari
hasil pendidikan seseorang individu terletak padqa sejauh mana ilmu yang telah dipelajari dapat membantunya
dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan hidupnya pada tuntutan
masyarakat berdasarkan pengalaman-pengalamannya yang didapat disekolah dan
diluar sekolah. Dengan pengalaman pengalaman itu ia secara berkesinambungan
dibentuk menjadi seorang yang berkepribadian, berpengetahuan, dan berkecakapan
dalam segala hal., termasuk dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.
Manusia dilahirkan sebagai makhluq social senantiasa
dituntut untuk dapat menyesuaikan diri, baik seseorang yang berbekal
pengetahuan melalui pendidikan formal, maupun secara non formal didik oleh
lingkungannya. Proses penyesuaian diri di sekolah tentu lebih besar pengaruhnya
terhadap perkembangan jiwa siswa, karena sekolah selain mengemban fungsi
pengajaran, juga mengemban fungsi pendidikan . Sekolah sebagai fungsi
pengajaran adalah untuk memberi berbagai informasi tentang pembelajaran,
mentransfer ilmu pengetahuan, dan belajar menelaah dan meneliti ilmu
pengetahuan, sedangkan sekolah berfungsi sebagai pendidikan adalah untuk
mendidik dan memberi contoh-contoh dan suri tauladan yang baik kepada peserta
didik. Namun demikian peranan keluarga
dan lingkungan sekitar juga berperan dalam menempa kepribadian anak didik dalam
penyesuaian diri siswa terhadap lingklungan sosialnya.
B. Pengertian dan karakteristik Penyesuaian diri
Penyesuaian diri
adalah proses bagaimana individumencapai keseimbangan diri dalam memenuhi
kebutuhan sesusai dengan lingkungan.
Dalam proses
pengembangan diri, terkadang individu mengalami rintangan, baik yang terdapat
dalam dirinya maupun diluar dirinya . dan dalam rintangan rintangan tersebut
ada individu yang dapat menyesuaikan diri dengan positif dan adapula yang negatif sehingga untuk
proses penyesuaian diri perlu karakteristik tertentu sebagaimana yang diungkapkan Sunarto (1994)
Karakteristik penyesuaian diri itu dibagi menjadi dua yaitu;
- Penyesuaian diri positif
Mereka yang tergolong mampu menyesuaikan diri secara
positif ditandaii oleh hal-hal sebagai berikut.
- Tidak menunjukkan adanya ketegangan emosional
- Tidak mnenunjukkan adanya frustasi pribadi
- Memiliki pettimbangan rasional dan pengarahan diri
- Mampu dalam belajar
- Menghargai pengalaman
- Bersikap realistis dan objektif
- Penyesuaian diri yang salah
Penyesuaian diri yang salah ditandai dengan berbagai
bentuk tingkah laku yaitu
- Serba salah
- Tidak terarah
- Sikap yang tidak realistis
- Agresif
Karniati Mariani (1991) menyebutkan karakteristik pemantauan diri
terdiri atas aspek-aspek sebagai berikut;
- Sosial Stage Presence
- Other direc tedness
- Expressive self control
Dalam tugas ini, untuk mengukur pemantauan diri siswa menggunakan
karakteristik yang dikemukakan oleh karniati, Siswa yang diukur pemantauan
dirinya adalah siswa SMKNegeri 2 Kisaran berjumlah 40 orang sebagai berikut;
C. Instrumen penilaian
Aspek
|
Nomor Item
|
Jumlah
|
Sosial stage presense
|
8,13,14,20,22,23,24,25,27,28,29,30,33,34,37,38
|
16
|
Other Directedness
|
1,2,3,4,5,6,7,10,12,16,31,32,35,36
|
14
|
Expressive self control
|
9,11,15,16,18,21,17,19,39,40
|
10
|
Jumlah
|
40
|
|
Tiap butir test terdiri dari 4 option dengan ketentuan sebagai
berikut;
- Sangat sesuai : (SS) dengan skor (4)
- Sesuai : ( S ) dengan skor (3)
- Kurang Sesuai : (KS) dengan skor (2)
- Tidak Sesuai : (TS) dengan skor (1)
Contoh-contoh skala pemantauan diri tersebut dalam uraian dibawah
ini.
ANGKET PEMANTAUAN DIRI SISWA
TERHADAP LINGKUNGAN SOSIALNYA
Petunjuk pengisian
Bacalah setian pernyataan dengan
seksama kemudian berikan tanda ceklis (V) pada alternatif jawaban yang telah disediakan. Dengan ketentuan
pilihan sebagai berikut;
SS Apabila pernyataan tersebut
sangat sesuai dengan keadaan anda
S
Apabila pernyataan tersebut sesuai dengan keadaan anda
KS Apabila pernyataan Kurasng sesuai
dengan keadaan anda
TS Apabila pernyataan tersebur tidak
sesuai dengan keadaan anda
PERNYATAAN
Saya sering meniru
perilaku orang lain untuk memudahkan dalam bergaul dengan orang lain
Saya memberikan
suatu kesan yang baik atau saya dapat menyenangkan orang lain
Pada suatu
perkumpulan, saya melakukan dan mengatakan seperti apa yang dimaui oleh orang
lain
Saya dapat berpura-pura
menyukai seseorang walaupun sebenarnya saya membencinya
Agar disukai,
saya berperilaku seperti apa yang diharapkan orang lain terhadapku
Saya akan tetap
duduk dan mendengarkan pembicaraan orang lain meskipun sebenarnya merasa
bosan
Perilaku saya
sehari-hari akan selalu mendatangkan rasa suka pada orang lain
Jantung saya
menjadi berdebar-debar jika akan memulai pembicaraan dengan orang yang belum
saya kenal; sebelumnya meskipun dalam suasana santai
Saya merasa
canggung berada dalam suatu kelompok dan tidak dapat menunjukan hal yang
terbaik
Saya akan
mengatakan apa adanya walaupun mungkin akan menyinggung perasaan orang lain
Dalam situasi
baru, saya akan melihat tingkah laku orang lain untuk mencari isyarat yang
sesuai dengan sitruasi pertemuan tersebut.
Perubahan
suasana sekitar, saya tidak akan mengubah sikap sebelumnya
Dalam acara
pertemuan, saya tidak ambil peduli terhadap orang lain yang sdang m,elucu
atau bercerita
Saya tidak dapat
menceritakan suatu peristiwa dengan ekspressi yang meyakinkan
Saya tidaak
dapat berlaku sewajarnya, meskipun semua perhatian tertuju kepada saya.
Saya tidak
pernah kehilangan cara untuk membawa orang –orang pada suasana yang saya
ingini
Pada suatu
pertemuan, saya jarang menjadi pusat perhatian
Saya lebih suka
mengambil tempat dideretan depan saat datang di suatu pertemuan
Saya akan
menjadi salah tingkah jika semua perhatian tertuju kepada saya
Saya merasa
gugup dan was-was ketika saya sadar bahwa tidak ada orang yang saya kenal di
sekeliling saya
Saya akan dengan
senag hati menerima tawaran menjadi pengarah acara pada suatu pertemuan
Perpisahan yang
lama membuat saya canggung untuk bercanda seperti dulu
Saya selalu
merasa ragu untuk memulai pembicaraan dengan seseorang karena saya tidak tahu
bagaimana sifat orang tersebut
Saya tidak
merasa keberatan untuk mberdiskusi tentang sesuatu sesuai dengan topik yang
dibicarakan orang lain
Kehadiran saya
akan menjadikan suasaana terasa menyenangkan
Sulit bagi saya
untuk meniru tingkah laku orang lain
Orang lain
sering mendahului apa yang sudah ingin saya katakana
Saya sulit
menyatakan suatu alasan tepat secara spontan
Apa yang saya
katakana akan sangat berkesan bagi pendengarnya
Saya sering
merasa ragu dalam mengutarakan suatu pernyataan
Saya sering
terpengaruh perilaku oprang lain untuk memudahkan dalam bergaul dengan orang
lain
Saya dapat
bersandiwara kepada orang lain untuk menyenangkan hatinya
Saya sering
merasa malu dalam mengutarakan isi hati saya
Saya selalu
tidak memiliki kemampuan untuk memulai pembicaraan dengan orang yang lebih
pintar dari saya
Dalam setiap
situasi saya selalu yakin dengan penampilan saya
Dalam acara
pertemuan saya selalu ambil bagian terhadap kegiatan tersebut
Ssaya tidak akan
menyatakan yang sebenarnya sebab akan menyinggung perasaan orang lain
Saya senantiasa
merasa tenang ketika saya berada disekitar orang yang tidak saya kenal
Saya akan gugup
jika saya diperhatikan orang lain
Saya tidak
gentar bila ketemu orang ynag belum kenal
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
No comments:
Post a Comment