BIDVERTISER

Tuesday, December 22, 2015

ANALISIS BUTIR KUESIONER

ANALISIS BUTIR KUESIONER

PENILAIAN GURU TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA
TERHADAP LINGKUNGANNYA

A.Pendahuluan
     Makna akhir dari hasil pendidikan seseorang individu terletak padqa sejauh mana  ilmu yang telah dipelajari dapat membantunya dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan hidupnya pada tuntutan masyarakat berdasarkan pengalaman-pengalamannya yang didapat disekolah dan diluar sekolah. Dengan pengalaman pengalaman itu ia secara berkesinambungan dibentuk menjadi seorang yang berkepribadian, berpengetahuan, dan berkecakapan dalam segala hal., termasuk dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.
   Manusia  dilahirkan sebagai makhluq social senantiasa dituntut untuk dapat menyesuaikan diri, baik seseorang yang berbekal pengetahuan melalui pendidikan formal, maupun secara non formal didik oleh lingkungannya. Proses penyesuaian diri di sekolah tentu lebih besar pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa siswa, karena sekolah selain mengemban fungsi pengajaran, juga mengemban fungsi pendidikan . Sekolah sebagai fungsi pengajaran adalah untuk memberi berbagai informasi tentang pembelajaran, mentransfer ilmu pengetahuan, dan belajar menelaah dan meneliti ilmu pengetahuan, sedangkan sekolah berfungsi sebagai pendidikan adalah untuk mendidik dan memberi contoh-contoh dan suri tauladan yang baik kepada peserta didik.  Namun demikian peranan keluarga dan lingkungan sekitar juga berperan dalam menempa kepribadian anak didik dalam penyesuaian diri siswa terhadap lingklungan sosialnya.

B. Pengertian dan karakteristik Penyesuaian diri
    Penyesuaian diri adalah proses bagaimana individumencapai keseimbangan diri dalam memenuhi kebutuhan sesusai dengan lingkungan.
   Dalam proses pengembangan diri, terkadang individu mengalami rintangan, baik yang terdapat dalam dirinya maupun diluar dirinya . dan dalam rintangan rintangan tersebut ada individu yang dapat menyesuaikan diri dengan positif  dan adapula yang negatif sehingga untuk proses penyesuaian diri perlu karakteristik tertentu  sebagaimana yang diungkapkan Sunarto (1994) Karakteristik penyesuaian diri itu dibagi menjadi dua yaitu;
  1. Penyesuaian diri positif
Mereka yang tergolong mampu menyesuaikan diri secara positif ditandaii oleh hal-hal sebagai berikut.
    1. Tidak menunjukkan adanya ketegangan emosional
    2. Tidak mnenunjukkan adanya frustasi pribadi
    3. Memiliki pettimbangan rasional dan pengarahan diri
    4. Mampu dalam belajar
    5. Menghargai pengalaman
    6. Bersikap realistis dan objektif 
  1. Penyesuaian diri yang salah
Penyesuaian diri yang salah ditandai dengan berbagai bentuk tingkah laku yaitu
    1. Serba salah
    2. Tidak terarah
    3. Sikap yang tidak realistis
    4. Agresif
Karniati Mariani (1991) menyebutkan karakteristik pemantauan diri terdiri atas aspek-aspek sebagai berikut;
  1. Sosial Stage Presence
  2. Other direc tedness
  3. Expressive self control
Dalam tugas ini, untuk mengukur pemantauan diri siswa menggunakan karakteristik yang dikemukakan oleh karniati, Siswa yang diukur pemantauan dirinya adalah siswa SMKNegeri 2 Kisaran berjumlah 40 orang sebagai berikut;

 C. Instrumen penilaian
Aspek
Nomor Item
Jumlah
Sosial stage presense
8,13,14,20,22,23,24,25,27,28,29,30,33,34,37,38
16
Other Directedness
1,2,3,4,5,6,7,10,12,16,31,32,35,36
14
Expressive self control
9,11,15,16,18,21,17,19,39,40
10

Jumlah
40




Tiap butir test terdiri dari 4 option dengan ketentuan sebagai berikut;
  • Sangat sesuai     : (SS)    dengan skor (4)
  • Sesuai                : ( S )     dengan skor (3)
  • Kurang Sesuai   : (KS)    dengan skor (2)
  • Tidak Sesuai      : (TS)    dengan skor (1)
 Contoh-contoh skala pemantauan diri tersebut dalam uraian dibawah ini.
  
ANGKET PEMANTAUAN DIRI SISWA
TERHADAP LINGKUNGAN SOSIALNYA

Petunjuk pengisian
            Bacalah setian pernyataan dengan seksama kemudian berikan tanda ceklis (V) pada alternatif jawaban yang telah disediakan. Dengan ketentuan pilihan sebagai berikut;
            SS Apabila pernyataan tersebut sangat sesuai dengan keadaan anda
            S   Apabila pernyataan tersebut sesuai dengan keadaan anda
            KS Apabila pernyataan Kurasng sesuai dengan keadaan anda
            TS Apabila pernyataan tersebur tidak sesuai dengan keadaan anda
PERNYATAAN
Saya sering meniru perilaku orang lain untuk memudahkan dalam bergaul dengan orang lain
Saya memberikan suatu kesan yang baik atau saya dapat menyenangkan orang lain
Pada suatu perkumpulan, saya melakukan dan mengatakan seperti apa yang dimaui oleh orang lain
Saya dapat berpura-pura menyukai seseorang walaupun sebenarnya saya membencinya
Agar disukai, saya berperilaku seperti apa yang diharapkan orang lain terhadapku
Saya akan tetap duduk dan mendengarkan pembicaraan orang lain meskipun sebenarnya merasa bosan
Perilaku saya sehari-hari akan selalu mendatangkan rasa suka pada orang lain
Jantung saya menjadi berdebar-debar jika akan memulai pembicaraan dengan orang yang belum saya kenal; sebelumnya meskipun dalam suasana santai
Saya merasa canggung berada dalam suatu kelompok dan tidak dapat menunjukan hal yang terbaik
Saya akan mengatakan apa adanya walaupun mungkin akan menyinggung perasaan orang lain
Dalam situasi baru, saya akan melihat tingkah laku orang lain untuk mencari isyarat yang sesuai dengan sitruasi pertemuan tersebut.
Perubahan suasana sekitar,  saya  tidak akan mengubah sikap sebelumnya
Dalam acara pertemuan, saya tidak ambil peduli terhadap orang lain yang sdang m,elucu atau bercerita
Saya tidak dapat menceritakan suatu peristiwa dengan ekspressi yang meyakinkan
Saya tidaak dapat berlaku sewajarnya, meskipun semua perhatian tertuju kepada saya.
Saya tidak pernah kehilangan cara untuk membawa orang –orang pada suasana yang saya ingini
Pada suatu pertemuan, saya jarang menjadi pusat perhatian
Saya lebih suka mengambil tempat dideretan depan saat datang di suatu pertemuan
Saya akan menjadi salah tingkah jika semua perhatian tertuju kepada saya
Saya merasa gugup dan was-was ketika saya sadar bahwa tidak ada orang yang saya kenal di sekeliling saya
Saya akan dengan senag hati menerima tawaran menjadi pengarah acara pada suatu pertemuan
Perpisahan yang lama membuat saya canggung untuk bercanda seperti dulu
Saya selalu merasa ragu untuk memulai pembicaraan dengan seseorang karena saya tidak tahu bagaimana sifat orang tersebut
Saya tidak merasa keberatan untuk mberdiskusi tentang sesuatu sesuai dengan topik yang dibicarakan orang lain
Kehadiran saya akan menjadikan suasaana terasa menyenangkan
Sulit bagi saya untuk meniru tingkah laku orang lain
Orang lain sering mendahului apa yang sudah ingin saya katakana
Saya sulit menyatakan suatu alasan tepat secara spontan
Apa yang saya katakana akan sangat berkesan bagi pendengarnya
Saya sering merasa ragu dalam mengutarakan suatu pernyataan
Saya sering terpengaruh perilaku oprang lain untuk memudahkan dalam bergaul dengan orang lain
Saya dapat bersandiwara kepada orang lain untuk menyenangkan hatinya
Saya sering merasa malu dalam mengutarakan isi hati saya
Saya selalu tidak memiliki kemampuan untuk memulai pembicaraan dengan orang yang lebih pintar dari saya
Dalam setiap situasi saya selalu yakin dengan penampilan saya
Dalam acara pertemuan saya selalu ambil bagian terhadap kegiatan tersebut
Ssaya tidak akan menyatakan yang sebenarnya sebab akan menyinggung perasaan orang lain
Saya senantiasa merasa tenang ketika saya berada disekitar orang yang tidak saya kenal
Saya akan gugup jika saya diperhatikan orang lain
Saya tidak gentar bila ketemu orang ynag belum kenal
SS
S
KS
TS


No comments:

KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM - BUKU PDF

 KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM Berikut kami sampaikan link untuk download buku KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM. Silahkan download melalui ...

BIDVERTISER

PROMOSI GRATIS !!!!

ANALYTIC SCRIPT

ADVERTISE HERE

PROMOTE !!!

PASANG IKLAN DI SINI !!!

GABUNG SEGERA !!!!!