BIDVERTISER

Monday, December 21, 2015

CONTOH PROPOSAL USAHA KECIL MENENGAH

1.      LATAR BELAKANG
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah sampai yang mahal.
Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktifitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia di pasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk siang hari maupun malam hari dan sekaligus merupakan makanan yang cukup istimewa adalah “CEKER AYAM”.
Dengan pembuatan Ceker Ayam yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan Ceker Ayam sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, renyah dan juga gurih memang telah dikenal dari masa ke masa, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha alternatif di Indonesia.
Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan “CEKER AYAM” untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakah khas Indonesia tersebut.

2.      TUJUAN USAHA
Tujuan saya memilih jenis usaha ini yaitu :
1)      Mencari keuntungan / laba
2)      Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan yang cukup terkenal
3)      Mencapai target penjualan

3.      VISI USAHA
Usaha “CEKER AYAM” adalah ciri khas Asahan Indonesia yang mengutamakan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang terbaik, sehingga “CEKER AYAM” menjadi pilihan utama, terkemuka, serta diminati banyak orang.

4.      MISI USAHA
Kami memberikan solusi bagi pelayanan untuk mendapatkan makanan kualitas dan variatif dengan memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan para pelanggan, serta memperoleh keuntungan yang lebih besar dari pengeluaran modal dan mencari pertumbuhan.

5.      SEGMENTASI PRODUK
-          Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani tersebut diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen).
-          Menentukan objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen).
-          Menetapkan target/sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaannya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.

6.      ANALISA PELUANG USAHA          
Setiap kegiatan untuk memulai usaha maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT.
1)      Strenght (kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah :
-          Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
-          Bahan produk yang terjamin dan higienis
-          Tahan lama
2)      Weakness (kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah :
-          Produknya mudah ditiru
-          Bahannya mudah dicari atau ditemukan
3)      Opportunity (peluang)
-          Tempat strategis
-          Fasilitas yang cukup memadai
4)      Threath (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah

7.      KEUNGGULAN PRODUK    
Keunggulan dari produk ini adalah :
-          Memiliki rasa dan kegurihan yang membuat konsumen ketagihan.
-          Bahan yang higienis

8.      ANALISA 4P
1)      Product (produk)
Produk yang dijual adalah “CEKER AYAM” yang merupakan makanan selingan sehari-hari
2)      Price (harga)
Harga perbungkus Rp. 5.000,- karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah
3)      Promotion (promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menjajakan ke toko-toko atau warung-warung kecil
4)      Place (tempat)
Tempat yang dipilih yaitu strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat (konsumen).

9.      ASPEK KEUANGAN
Harga beli                             30 X 5.000                           =    Rp.         150.000,-
Transportasi                                                                             Rp.             5.000,-
HPP                                                                                         Rp.         155.000,-
HJ     =    HPP + Marjin
         =    155 + 15.500
         =    170.500 : 30
         =    5683       รจ 6000
R/L
Hasil penjualan   =    30 X 6.000   = 180.000
HPP                    =    155.000
Laba bersih         =    25.000


PENUTUP
Harapan saya untuk produk “CEKER AYAM” adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat  menarik dan setiap kalangan masyarakat menyukainya.

No comments:

KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM - BUKU PDF

 KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM Berikut kami sampaikan link untuk download buku KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM. Silahkan download melalui ...

BIDVERTISER

PROMOSI GRATIS !!!!

ANALYTIC SCRIPT

ADVERTISE HERE

PROMOTE !!!

PASANG IKLAN DI SINI !!!

GABUNG SEGERA !!!!!