BIDVERTISER

Monday, December 21, 2015

LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN

DAFTAR ISI
hlm
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………      
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………..      
PETA DESA  ………………………………………………………………………….      
STRUKTUR ORGANISASI KKI, IAIDU KELOMPOK XII ………………………..    
I.          PENDAHULUAN ………………………………………………………………..      
A.  Latar Belakang Masalah  ……………………………………………………….
B.  Identifikasi Masalah   …………………………………………………………..
1.         Analisa Situasi Masyarakat  ……………………………………………….
2.         Perumusan Masalah  ………………………………………………………
II.       TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN ……………………………………….     
A.  Tujuan Kegiatan ………………………………………………………………..
B.  Manfaat Kegiatan ………………………………………………………………
III.    KERANGKA PEMECAHAN MASALAH ………………………………………
A.  Pemecahan Masalah ……………………………………………………………
B.  Kaitan / Hubungan Masalah   …………………………………………………..
IV.    SASARAN KEGIATAN ………………………………………………………….
A.  Sasaran (Jens Kegiatan)  ……………………………………………………….
B.  Realisasi Pemecahan Masalah  …………………………………………………
V.       HASIL KEGIATAN  ……………………………………………………………..
A.  Hasil Kegiatan  …………………………………………………………………
B.  Dampak Kegiatan ………………………………………………………………
VI.    KESIMPULAN DAN SARAN …………………………………………………...
A.  Kesimpulan  ……………………………………………………………………
B.  Saran ……………………………………………………………………………
LAMPIRAN  …………………………………………………………………………..      
DOKUMENTASI KEGIATAN ………………………………………………………


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Untuk mencapai cita-cita luhur dari tujuan pembangunan bangsa, maka peningkatan kualitas pembangunan serta kualitas intelektual itu dapat terus mendapatkan kemajuan pada masa akan datang. Salah satu yang paling urgen untuk tetap terus ditingkatkan adalah pada bidang peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan penyebarluasannya, sehingga pada akhirnya setiap instansi pendidikan di tuntut untuk terus melahirkan intelektual-intelektual yang handal, sehingga siap dan mampu menerapkan ilmunya di tengah-tengah masyarakat.
Salah satu dari Instansi Pendidikan di negeri ini adalah Perguruan Tinggi. Untuk mewujudkan tuntutan di atas Kampus harus benar-benar siap melahirkan intektual-intelektual yang dapat tampil di tengah-tengah masyarakat. Dalam merealisasikan hal itu maka dilaksanakan berbagai usaha yang dapat tetap mengukuhkan kesan Kampus sebagai Laboratorium masyarakat. Perwujudan dan usaha itulah yang kemudian dikenal dengan istilah "Tri Darma Perguruan Tinggi".
Satu diantara bentuk realisasi Tri Darma Perguruan Tinggi adalah Kuliah Kerja Lapangan (KKL), yang merupakan usaha dari Perguruan Tinggi untuk merangsang partisipasi masyarakat pedesaan dalam meningkatkan pembangunan serta mengakui dan mempertegas upaya pembangunan Desa karena Desa Otonomi daerah ini, kesuksesan dari pembangunan bangsa secara, keseluruhan tergantung pada kemajuan pembangunan desanya. Dengan adanya peserta KKL yang tersebar di setiap Desa akan dapat memotifasi masyarakat untuk belajar bagaimana meningkatkan pengetahuan di segala, bidang yang akhirnya masyarakat Desa dapat membangun secara merata sebagai sumbangsih pada bangsa ini.
Program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Program Perguruan Tinggi dalam mengembangkan misi yang diembannya dan juga, adalah sebuah keharusan yang terprogram secara akademis bagi Mahasiswa dalam proses penyelesaian studi di Perguruan Tinggi. Harapan dari terlaksananya Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini adalah bagaimana mahasiswa dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya di tengah-tengah masyarakat, yang akhirnya dari pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan ini adalah dapat memetik manfaat serta gambaran bagaimana hidup membaur dengan masyarakat untuk sama-sama membangun bangsa ini.

B.       Identifikasi Masalah
1.    Analisa Situasi Masyarakat
Desa Pinanggripan adalah Desa yang terletak di Kecamatan Air Batu. Desa Pinanggripan terdiri dari 4 dusun yang terbentang seluas lebih kurang 5000 Ha. Situasi masyarakat dari Desa ini yang berpenduduk + 1950 jiwa ini dapat dilihat dari poin — poin di bawah ini :
a.         Bidang Keagamaan
Pengamalan Agama / ajaran Islam pada masyarakat Desa Pinanggripan telah berkembang baik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah perwiridan bapak-bapak dan ibu-ibu juga termasuk adanya perwiridan yang dilaksanakan di setiap dusunnya. Apabila diakumulasikan perwiridan di Desa ini ada 12 jama'ah perwiridan. Perwiridan ini dilaksanakan pada hari Kamis untuk perwiridan kaum Ibu dan Kamis malam untuk kaum Bapak serta Senin malam untuk perwiridan remaja. Selain dari perwiridan diatas dapat dilihat juga dari banyaknya Mesjid yang terdapat di Desa Pinanggripan yang tersebar di setiap dusunnya yang berjumlah 4 Mesjid. Yang perlu dibenahi hanyalah pemahaman Agama secara baik bukan hanya sekedar mengikuti dari para pendahulunya tanpa memahami apa tujuan dan hikmah dari semua yang dikerjakan.
b.        Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan, Desa Pinanggripan ini juga terus berbenah mengembangkan dan menyalurkan potensinya baik dalam hal prasarana fisik maupun materi dan di Desa Pinanggripan ini juga banyak tokoh masyarakat dan Alumni dari berbagai Perguruan Tinggi sehingga kualitas pendidikan di Desa ini akan menjadi lebih baik nantinya
c.         Bidang Layanan Masyarakat
Dalam bidang pelayanan kepada masyarakat ini dilaksanakan secara insidentil sesuai dengan masalah yang dihadapi anggota masyarakat seperti konsultasi hukum. Dalam konsultasi hukum ada banyak permasalahan yang dihadapi, seperti masalah pernikahan yang tidak ada walinya. Dalam hal ini Mahasiswa peserta KKL ikut andil dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebagai agen penghubung Mahasiswa peserta KKL ikut serta dalam menyelesaikan masalah-masalah masyarakat dan menghadapai semuanya secara bersama – sama. Begitu juga bimbingan penyuluhan dan bimbingan PKK Mahasiswa berperan aktif di dalamnya.
d.        Bidang Lingkungan Hidup dan Kesehatan
Bidang ini adalah salah satu faktor yang dapat perhatian dari pemerintahan, ini terbukti dengan berdirinya Puskesmas Pembantu (Pustu), dan pelaksanaan Posyandu di setiap dusunnya. Hal ini berfungsi dengan baik dan dijalankan sesuai dengan tanggungjawab.
e.         Bidang Kesejahteraan Masyarakat
Di Desa Pinanggripan ada dijumpai yang rendah tingkat kesadarannya untuk Pendidikan anak-anak mereka, dikarenakan kurangnya tingkat pendapatnya.
f.          Bidang Pemerintahan Desa
Pemerintahan Desa yang sekarang ini sedang berupaya meningkatkan usahanya untuk mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Sedangkan untuk administrasi, Desa Pinanggripan belum memiliki data-data yang lengkap dikarenakan kondisi desa yang masih dalam masa peralihan jabatan dan desa barn saja dimekarkan, sehingga data desa masih dalam pendataan.
g.         Bidang Olah Raga dan Kesenian
Bidang olah raga yang menonjol di Desa ini adalah Bola Volly dan Nasyid. Hal ini dapat dilihat dari setiap dusunnya para pemudanya hampir setiap sorenya bermain bola volly. Dan untuk kesenian Nasyid selalu tampil pada, acara pests pernikahan, sunnat Rasul dan acara. PHBI.

2.    Perumusan Masalah
Beberapa masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan KKL ini perlu dirumuskan, yaitu :
a.         Apakah Program KKL yang tersusun dalam 7 pokok program KKL tersebut benar –benar di aplikasikan ditengah masyarakat yang tentunya dengan harapan kegiatan ini dapat ber alan dengan baik
b.         Apakah masyarakat Desa Pinanggripan telah mejaksanakan program Desa
c.         Apakah dengan adanya mahasiswa KKL di Desa Pinanggripan masyarakat dapat menambah wawasan dalam pengembangan Desa
d.        Apakah dengan kehadiran mahasiswa KKL di Desa Pinanggripan dapat mengukuhkan silaturahmi


BAB II
TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN

A.       Tujuan Kegiatan
Tujuan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Mahasiswa IAIDU Asahan Kisaran Angkatan XX Tahun 2009 dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.         Dapat menambah pengalaman hidup tentang permasalahan – permaslahan yang tedadi di masyarakat serta cara penganggulangannya secara pragmatic dan interdisipliner.
2.         Mendewasakan cara berfikir, sikap, bertindak dan meningkatkan days nalar mahasiswa dalam melakukan pengkajian, perumusan, dan pemecahan masalah secara rasional dan ilmiah.
3.         Menanamkan dan meningkatkan penghayatan dalam kehidupan keagamaan dan sosialkultural sehingga tetap menyatu dengan masyarakat.
4.         Memperdalam, mengembangkan dan membina kemampuan nalar dalam menyiapkan diri sebagai calon kaum intelektual yang Islami, bermoral dan kader – kader pemimpin umat dan bangsa yang dapat menjadi panutan umat di mass mendatang.
5.         Meningkatkan peran Berta, aktifkan dan menjalin hubungan keda sama antara Pergunm Tinggi IAIDU dengan Pemerintahan dan Instansi terkait, Berta lebih mensosialisasikan keberadaan IAIDU Asahan kepada masyarakat lugs.
6.         Memberikan pengetahuan dan motifasi kepada masyarakat dan generasi muda agar memperluas wawasan keagamaan sekaligus menghayati dan membudayakan pengamalan ajaran Islam dalam segala aspek kehidupan.
7.         Mengukuhkan ukhuwah Islamiyah di Desa Pinanggripan.

B.       Manfaat Kegiatan
Dengan adanya kegiatan KKL yang dilaksanakan oleh IAIDU Asahan kepada masyarakat Desa Pinanggripan, diharapkan nantinya masyarakat lebih memahami akan perlunya mempelajari dan memperdalam ajaran – ajaran Islam secara baik dan benar juga untuk mengembangkan potensi masyarakat di Desa Pinanggripan dalam rangka membangun Nasionalisme dan mempererat Ukhuwah Islamiyah di dalam bermasyarakat.
Adapun manfaat kegiatan KKL bagi para Mahasiswa, Mahasiswa dapat melihat, mengetahui, merasakan secara langsung betapa masih banyaknya masyarakat di Asahan, khususnya Desa Pinanggripan belum memahami dan menjalankan Ajaran Islam secara benar dengan masih banyaknya anak – anak, remaja / i, yang tidak fasih membaca Al- Qur'an. begitu juga dengan tajwidnya


BAB III
KERANGKA PEMECAHAN MASALAH

A.       Pemecahan Masalah
1.    Bidang Agama
Kita ketahui bahwa agama Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah SWT. Pada umumnya masyarakat Desa Pinanggipan ini beragama Islam, namun pengalamakan ajaran agama Islamnya masih rendah, ini dapat dilihat dari masyarakatnya yang kurang memahami materi Islam dasar seperti praktek sholat, wudhu, mandi wajib, membaca Al-Qur'an dan lain – lain. Hal ini menjadi masalah paling urgen yang ditemukan oleh Mahasiswa KKL di lapangan. Maka usaha yang dilakukan adalah dengan cars membimbing mereka untuk belajar mengenai pemahaman materi dasar Islam dan belajar mempraktekkannya.

2.    Bidang Pendidikan
Di Desa Pinanggripan pendidikannya ber alau dengan baik meskipun sarana dan prasarana, di sekolah kurang begitu memadai, hal ini dapat dilihat pada bangunan yang fidak layak pakai. Selain dari pada itu tigkat minar belajar dari anak – anak yang tinggal di Desa Pinanggripan rendah. Hal ini disebabkan
a.         Faktor lingkungan yang kurang mendukung
b.         Peran Berta orang tua untuk mendukukng pendidikan anaknya
c.         Jauhnya lembaga Pendidikan khususnya tingkat SMA
Maka usaha kami sebagai peserta KKL adalah tetap menghimbau kepada masyarakat terutama orang tua untuk selalu memperhatikan, mendukung pendidikan formal maupun informal, dan bagi para pelajar, kami sebagai peserta KKL selalu memberikan motivasi belajar. Selain itu kamu jugs membuka privat bagi para pelajar di Desa Pinanggripan.

3.    Bidang Layanan Masyarakat
Dalam bidang layanan kepada masyarakat, Mahasiswa berperan aktif memberikan sumbangsih dalam permasalahan, seperti konsultasi hukum, yakni dengan membuka klinis hukum bagi masyarakat. Upaya ini mendapat respon positif dari masyarakat. Oleh sebab itu layanan kepada masyarakat pun ter alin dengan baik.


4.    Bidang Lingkungan Hidup dan Kesehatan
Kesehatan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Bagitu juga denga masyarakat yang ada di Desa Pinanggripan ini faktor kesehatannya sudah cukup baik. Jadwal Posyandu yang khusus diperuntukkan bagi kesehatan ibu dan anak telah menjai bukti bahwa pedulinya masyarakat terhadap kesehatan. Mengenai kebersihan lingkungan telah diupayakan dengan baik, seperti dilakukannya gotong — royong di setiap dusunnya.

5.    Bidang Kesejahteraan Masyarakat
Pada umumnya tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Pinanggripan adalah diatas rata — rata makmur. Ini dapat dilihat dari mats pencaharian masyarakat Desa Pinanggripan ini antara berkebun, kayawan, pedagang dan wiraswasta.

6.    Bidang Pemerintahan Desa
Susunan administrasi pemerintahan Desa Pinanggripan termasuk baik, hanya saja ada beberapa data, struktur pemerintahan, nama jalan yang sudah usang dan rusak, sehingga Mahasiswa peserta KKL dituntut untuk merenovasi kembali, dan tetap memberikan masukan — masukan kepada staf pemerintahan desa sehingga antara Mahasiswa KKL dan pihak pemerintahan desa saling beKerja sama untuk pembangunan desa.

7.    Bidang Olah Raga dan Senin
Di bidang Olah Raga dan Kesenian di Desa Pinanggripan sudah memadai terbukti di setiap dusun terdapat lapangan olahraga dan sudah terbentuk tiap — tiap nama — nama club olahraga. Mahasiswa KKL selalu mensupport kegiatn tersebut. Dalam hal Kesenian Mahasiswa peserta KKL juga memberikan bimbingan terhadap beberapa kelompok nasyid, sehingga terdapat perubahan ke arah yang baik dan membentuk grup marhaban anak — anak.

B.       Kaitan / Hubungan Masyarakat
Masalah — masalah yang ada di Desa Pinanggtipan Ii tidak begitu kornple", namum perlu didata agar dapat mencarikan solusi untuk mengatasinya. Ada beberapa jenis masalah yang ada di Desa Pinanggripan antara lain sebagai berikut :
1.         Faktor lingkungan yang kurang mendukung adanya pendidikan formal dan nonformal
2.         Kurangnya perhatian terhadap pembftiam kegiatan keorg ami sasian
3.         Kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung terhadapkesejahteraan masyarakat
4.         Kurangnya perhatian terhadap jamaah mesjid


BAB IV
SASARAN KEGIATAN

A.    Sasaran (Jenis Kegiatan)
Dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilakukan oleh Mahasiswa peserta KKL di Desa Pinanggripan selama 6 Minggu dapat ditemukan fakta — fakta yang mengacu pada permasalahan yang tersebut pada BAB sebelumnya, maka kami menarik kesimpulan tentang program apa yang harus kami kerjakan sebagai prioritas utama dalam melaksanakan KKL.
Adapun sasaran utama yang kami jadikan dasar kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :
1.           Turut serta dalam pendidikan formal dan informal
2.           Membimbing masyarakat tentang hal — hal yang perlu dicarikan solusinya
3.           Turut serta mendayagunakan gotong — royong masyarakat
4.           Turut serta dalam kegiatan pelayanan Posyandu
5.           Memberikan ceramah agama kepada. masyarakat (pengajian dan perwiridan)
6.           Menjadi Peringatan Hari Besar Islam, Maulid Nabi Muhammad SAW 1430 H.
7.           Membuat kegiatan turnamen volly se Desa Pinanggripan.
8.           Membuat kegiatan perlombaan azan, pidato dan mengaji
9.           Membuat kegiatan perlombaan nasi tumpeng antar PKK se Desa Pinanggripan

B.     Realisasi Pemecahan Masalah
1.      Dalam bidang Agama pada awalnya Mahasiswa KKL temyata keberadaan rumah Ibadah, kelompok pengajian, seperti pengajian kaum. ibu — ibu, kaum bapak — bapak, perwiridan serta pembinaan remaja mesjid. Setelah diketahui maka dibentuklah pembagian masing — masing togas bagi setiap anggota KKL. Beberapa anggota KKL bertugas untuk mengikuti clan memberikan ceramah dipengajian dan perwiridan kaum bapak, ibu dan remaja mesj id, serta membuka layanan konsultasi hokum.
2.      Dalam peringatan Maulid
a.    Lomba pidato tingkat anak — anak
b.      Lomba azan tingkat anak – anak
c.       Lomba menghafal surat pendek
3. Turnamen volly se Desa. Pinanggripan
4. Lomba membuat nasi tumpeng antar PKK se Desa. Pinanggripan
5. Sebagai cars untuk lebih meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Islam, maka pada akhir tugas, kami mengadakan Maulid Nabi Muhammad di Mesjid Al-Huda sekaligus kami mengadakan perpisahan antara peserta. KKL dengan masyarakat Desa. Pinanggripan, selain dari pada itu kami jugs mengadakan beberapa perlombaan dan kegiatan sosial. diantaranya Lomba pidato tingkat anak – anak, Lomba azan tingkat anak – anak dan Lomba menghafai surat pendek. Sehingga masyarakat berterima, kasih atas kegiatan yang telah terlaksana.
6. Dalam bidang pendidikan formal, kami tedun langsung untuk berpartisipasi dalam pendidikan formal tersebut. Sekolah yang menjadi target kami adalah
a.         Sekolah Dasar 014666
b.      SMP Negeri 2 Air Batu Limban
c.       MTs Nandatul Ulama
Dan alhamdulillah kami mendapat respon yang baik dari pihak pengelola sekolah tersebut. Sedangkan dalam pendidikan nonformal, kami membuka bimbingan belajar di Posko yaitu Les Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Les Privat, Mengajar Al-Qur'an dan lqra' di Mesjid.
7. Dalam bidang kepedulian lingkungan hidup peserta KKL turut serta dalam memberdayakan kegiatan gotong royong baik ditempat umum maupun sarana ibadah terutama Mesjid.
8. Dalam pemerintahan Desa, partisipasi kami adalah
a.       Aktif dalam kegiatan Desa
b.         Pembenahan administrasi kantor maupun Desa
9. Dalam kegiatan olahraga dan kesenian Mahasiswa ikut berpartisipasi dalam olahraga dan kesenian, seperti volly dan nasyid.



BAB V
HASIL KEGIATAN
A.    Hasil Kegiatan
Dari usaha, — usaha Mahasiswa KKL yang telah melaksanakan programnya tentu ada hasilnya walaupun tidak maksimal, hal ini terbukti dengan adanya perubahan di Desa Pinanggaripan yang dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Untuk kalangan remaja dan anak — anak mereka telah melakukan hal — hal positif. Seperti aktifnya melakukan kegiatan gotong — royong, kepedulian terhadap PHBI yang semuanya itu sangat mendukung pembangunan di Desa ini.
B.     Dampak Kegiatan
Dalam melaksanakan kegiatan KKL tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaannya, namun semua itu memiliki hasil yang positif.
Dari hasil pengamatan anggota peserta KKL, kegiatan — kegiatan yang dilaksanakan di Desa Pinanggripan baik dalam bidang Agama, Pendidikan, Sosial Kemasyarakatan, Kebersihan Lingkungan diikuti oleh masyarakat walaupun tidak seluruhnya. Meskipun demikian dapat kits lihat dari sikap masyarakat yang merasa, kehilangan dengan kembalinya peserta KKL ke daerah masing — masing.
Dampak positif dari seluruh kegiata yang dilakukan secara umum dapat dilihat dengan adanya perubahan pandangan dan sikap para masyarakat dengan bergabungnya orang tua denga remaja dalam mengadakan kegiatan Islam seperti Peringatan Hari Besar Islam (Maulid Nabi Muhammad).


BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
A.      Kesimpulan
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan di luar Kampus sejak tanggal 09 Pebruari s/d 19 Maret 2009 di Kecamatan Air Batu, dan kami dari kelompok XII dalam hal ini bertugas di Desa Pinanggripan sungguh merasakan banyaknya manfaat yang sangat berarti bagi kami sernua. Dari KKL yang kami lakukan di Desa ini, melatih kami untuk dapat menghadapi dan mengantisipasi berbagai persoalan. Baik persoalan pemerintah, masyarakat maupun persoalan kelompok kami sendiri. Semua itu menjadi pelajaran dan bekal bagi kami agar nantinya kami mampu menghadapi masalah — masalah yang kompleks di masa yang akan datang.
Dari awal sampai berakhimya kegiatan kami ini banyak menghadapi berbagai persoalan, baik dari transport, perbedaan pendapat dalam kelompok, yang keseluruhannya itu dapat kami atasi dengan baik, bahkan pada mass — mass terakhir kami bertugas, kami sangat merasa sedih dan kehilangan. Hal ini dikarenakan kami telah menghadapi semua ini secara. bersama — sama, susah senangnya hidup dikampung orang dengan mengemban tugas yang harus dipertanggung jawabkan. Selain daripada itu masyarakat Desa Pinanggripan jugs telah menganggap kami sebagai bagian dari keluarga mereka sehingga
° terbentuknya sikap saling hormat menghormati dan saling menghargai.
B.       Saran
Sebagai manusia biasa, kami sadar bahwa masih banyak memiliki kelemahan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas yang kami emban, baik dari pelaksanaan program Kerja di lapangan, sampai pada akhir penulisan laporan ini. Kami telah berusaha semaksimal mungkin yang kami mampu. Meskipun hasil dari semua itu belum begitu maksimal. Oleh sebab itu kami dari peserta KKL kelompok XII dengan ikhlas hati mengharapkan pada komponen raasyarakat untuk terns memotivasi dan meningkatkan aktifitas dalam membangun desa, baik dari hubungan sesama warga desa, membina generasi muds, dan menjunjung nilai persatuan dan kesatuan sehingga Pinanggripan aman dan tentram.


No comments:

KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM - BUKU PDF

 KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM Berikut kami sampaikan link untuk download buku KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM. Silahkan download melalui ...

BIDVERTISER

PROMOSI GRATIS !!!!

ANALYTIC SCRIPT

ADVERTISE HERE

PROMOTE !!!

PASANG IKLAN DI SINI !!!

GABUNG SEGERA !!!!!