SILABUS MATA KULIAH
STATISTIK PENDIDIKAN TA. 2015/2016
1. IDENTITAS MATA KULIAH
- Þ Nama Mata Kuliah : Statistik Pendidikan
- Þ Kode Mata Kuliah : KIT 431
- Þ Jumlah SKS : 3 SKS
- Þ Semester : Genap
- Þ Kelompok Mata Kuliah : Mata Kuliah Dasar Umum
- Þ Program Studi : Pendidikan Agama Islam
- Þ Jenjang Program : S-1
- Þ Dosen/Asisten : Muhammad Abduh Isma, S.Ag, M.E.I
2. TUJUAN
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa IAIDU Asahan diharapkan mampu menjelaskan konsep
statistika deskriptif dan statistika inferensial serta mampu mengaplikasikannya
untuk kepentingan pengolahan, analisis data, dan pengujian hipotesis dalam
bidang penelitian Pendidikan Agama Islam atau Manajemen Pendidikan Islam.
3. DESKRIPSI ISI
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum
dan wajib bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIDU Asahan. Selesai mengikuti
perkuliahan mahasiswa diharapkan memahami konsep statistik deskriptif dan
inferensial serta mampu mengaplikasikannya untuk kepentingan pengolahan data
dan pengujian hipotesis dalam penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam (PAI)
atau Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
Konten materi kuliah meliputi:
1) Pengertian
statistik, statistika dan statistik pendidikan, data statistik dan data
statistik kependidikan
2) Penggolongan
statistik (deskriptif dan inferensial), Pengumpulan data statistik kependidikan
3) Pengertian
frekuensi, distribusi frekuensi, tabel distribusi frekuensi
4) Membuat tabel distribusi
frekuensi data tunggal dan kelompok
5) Grafik
sebagai alat penggambaran distribusi frekuensi
6) Distribusi
frekuensi dalam bentuk Grafik Poligon
7) Distribusi
frekuensi dalam bentuk Grafik Histogram
8) Pengertian mean, median,
modus, quartil, decile dan percentile
9) Penghitungan mean, median,
modus, quartil, decile dan percentile
10) Pengertian Ukuran Penyebaran
Data
11) Macam-macam Ukuran Penyebaran
Data (range, deviasi, varians)
12) Menghitung Range, Keunggulan/
kelebihan dan kekurangan range
13) Pengertian
Deviasi, Menghitung Deviasi Rata-rata, Menghitung Deviasi Standar
14) Keunggulan/ kelebihan dan
kekurangan deviasi
15) Pengertian populasi dan sampel
16) Pengertian teknik sampling
(Probability Sampling dan Non Probability Sampling)
17) Macam-macam teknik sampling
18) Pengertian valid dan reliabel
19) Menghitung validitas suatu
instrumen
20) Menghitung reliabilitas suatu instrument
4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
- Þ Metode : Expository & Inquiry, Tanya Jawab. Diskusi.
- Þ Tugas : membuat laporan perkuliahan/pendalaman materi untuk setiap topik bahasan, kerja kelompok.
- Þ Media : OHP, LCD/Power point
5. KOMPONEN EVALUASI
·
Kehadiran/Tatap Muka :
10 %
·
Tugas terstruktur :
10 %
·
Tugas mandiri :
15 %
·
Penilaian Teman Sejawat :
15 %
·
Ujian Tengah Semester :
20 %
·
Ujian Akhir Semester :
30 %
Total :
100 %
6.
RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN
No.
|
KOMPETENSI DASAR
|
POKOK BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
TGL PERTEMUAN
|
TYPE
|
1.
|
Dapat menjelaskan pengertian statistik,
statistika, statistik pendidikan, data statistik, data statistik
kependidikan, penggolongan statistik dan pengumpulan data statistik
kependidikan
|
Statistik, dan statistik pendidikan
|
·
Pengertian statistik, statistika dan
statistik pendidikan
·
Pengertian data statistik dan data
statistik kependidikan
·
Penggolongan statistik (deskriptif dan
inferensial)
·
Pengumpulan data statistik kependidikan
|
|
|
2.
|
Dapat menjelaskan masalah distribusi
frekuensi, dan mampu membuat tabel distribusi frekuensi, grafik sebagai alat
penggambaran distribusi frekuensi, distribusi frekuensi dalam bentuk grafik
poligon, dan histogram
|
Distribusi Frekuensi
|
·
Pengertian frekuensi, distribusi frekuensi,
tabel distribusi frekuensi
·
Membuat tabel distribusi frekuensi data tunggal dan kelompok
·
Grafik sebagai alat penggambaran distribusi
frekuensi
|
|
|
3.
|
Dapat menjelaskan masalah distribusi
frekuensi, dan mampu membuat tabel distribusi frekuensi, grafik sebagai alat
penggambaran distribusi frekuensi, distribusi frekuensi dalam bentuk grafik
poligon, dan histogram
|
Distribusi Frekuensi
|
·
Distribusi frekuensi dalam bentuk Grafik
Poligon
·
Distribusi frekuensi dalam bentuk Grafik
Histogram
|
|
|
4.
|
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung
Mean, Median, Modus (Mode), Quartile, Decile, dan Percentile
|
Pengukuran Gejala Pusat/Nilai
Pusat/Ukuran Rata-rata
|
·
Pengertian
mean, median, modus, quartil, decile dan percentile
|
|
|
5.
|
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung
Mean, Median, Modus (Mode), Quartile, Decile, dan Percentile
|
Pengukuran Gejala Pusat/Nilai
Pusat/Ukuran Rata-rata
|
·
Penghitungan
mean, median, modus, quartil, decile dan percentile
|
|
|
6.
|
Dapat menjawab soal Ujian Tengah
Semester (UTS) dengan baik dan benar
|
Materi Pertemuan 1-5
|
·
Materi
1 - 5
|
|
|
7.
|
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung
Ukuran Penyebaran Data
|
Ukuran Penyebaran Data
|
·
Pengertian
Ukuran Penyebaran Data
·
Macam-macam
Ukuran Penyebaran Data (range, deviasi, varians)
|
|
|
8.
|
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung
Ukuran Penyebaran Data
|
Ukuran Penyebaran Data
|
·
Menghitung
Range
·
Keunggulan/
kelebihan dan kekurangan range
|
|
|
9..
|
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung
Ukuran Penyebaran Data
|
Ukuran Penyebaran Data
|
·
Pengertian
Deviasi
·
Menghitung
Deviasi Rata-rata
·
Menghitung
Deviasi Standar
·
Keunggulan/
kelebihan dan kekurangan deviasi
|
|
|
10.
|
Dapat menjelaskan pengertian populasi,
sampel dan dapat menentukan teknik sampling yang sesuai
|
Populasi dan Sampel
|
·
Pengertian
populasi dan sampel
·
Pengertian
teknik sampling (Probability Sampling dan Non Probability Sampling)
|
|
|
11.
|
Dapat menjelaskan pengertian populasi,
sampel dan dapat menentukan teknik sampling yang sesuai
|
Populasi dan Sampel
|
·
Macam-macam
teknik sampling
|
|
|
12.
|
Dapat menjelaskan dan menghitung validitas
dan reliabilitas suatu instrumen
|
Validitas dan Reliabilitas
|
·
Pengertian valid dan reliabel
·
Menghitung validitas suatu instrumen
|
|
|
13.
|
Dapat menjelaskan dan menghitung validitas
dan reliabilitas suatu instrumen
|
Validitas dan Reliabilitas
|
·
Menghitung reliabilitas suatu instrumen
|
|
|
14.
|
Dapat menjawab soal Ujian Akhir
Semester (UAS) dengan baik dan benar
|
Materi Pertemuan 7-13
|
·
Materi
1 - 13
|
|
|
7. DAFTAR BUKU SUMBER
Buku
utama:
(1)
Ronald E. Walpole, Pengantar Statistika, Jakarta :
Gramedia Pustaka Utama, 1995, Edisi ke-3
(2)
J. Supranto, Statistik Teori dan Aplikasi, Jakarta
: Erlangga, 2008, Edisi ke-7, Jilid 1
(3) Sudjana. Teknik
Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung:
Tarsito. 1983
(4) Sudjana. Metoda
Statistika. Edisi Kelima. Bandung:
Tarsito. 1989
(5)
Furqon, Statistika Terapan untuk Penelitian,
Bandung: Alfabeta, 2001
(6)
Irianto, A. Statistik Pendidikan (1). Jakarta: Depdikbud,
1988
(7)
Nasution, A.H, Metode Statistika untuk Penarikan
Kesimpulan, Jakarta: Gramedia, 1976
(8) Nurgiyantoro, B.,
Gunawan dan Marzuki. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2000
(9) Siegel, S, Statistik
Nonparametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Gramedia. 1997
(10) Edward, A.L. (1984). An Introduction to
Linear Regression and Correlation. 2nd ed. New York: W.H.
Freeman and Company.
(11) Erickson, B.H., &
Nosanchuk. (1983). Memahami Data Statistika untuk Ilmu Sosial. Jakarta:
LP3ES.
(12) Muin Sibuea, Statistik,
Medan: Universitas Negeri Medan, 2011
No comments:
Post a Comment