No.
|
KOMPETENSI DASAR
|
POKOK BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
TYPE
|
1.
|
Dapat menjelaskan pengertian statistik,
statistika, statistik pendidikan, data statistik, penggolongan statistik dan
pengumpulan data statistik
|
Statistik, dan statistik pendidikan
|
·
Pengertian statistik, statistika
·
Pengertian data statistik
·
Penggolongan statistik (deskriptif dan inferensial)
·
Pengumpulan
data statistik
|
|
2.
|
Dapat menjelaskan masalah distribusi
frekuensi, dan mampu membuat tabel distribusi frekuensi, grafik sebagai alat
penggambaran distribusi frekuensi, distribusi frekuensi dalam bentuk grafik
poligon, dan histogram
|
Distribusi Frekuensi
|
·
Pengertian frekuensi, distribusi frekuensi, tabel
distribusi frekuensi
·
Membuat
tabel distribusi frekuensi data tunggal dan kelompok
·
Grafik sebagai alat penggambaran distribusi frekuensi
|
|
3.
|
Dapat menjelaskan masalah distribusi
frekuensi, dan mampu membuat tabel distribusi frekuensi, grafik sebagai alat
penggambaran distribusi frekuensi, distribusi frekuensi dalam bentuk grafik
poligon, dan histogram
|
Distribusi Frekuensi
|
·
Distribusi frekuensi dalam bentuk Grafik Poligon
·
Distribusi frekuensi dalam bentuk Grafik Histogram
|
|
4.
|
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung
Mean, Median, Modus (Mode), Quartile, Decile, dan Percentile
|
Pengukuran Gejala Pusat/Nilai
Pusat/Ukuran Rata-rata
|
·
Pengertian mean, median, modus, quartil,
decile dan percentile
|
|
5.
|
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung
Mean, Median, Modus (Mode), Quartile, Decile, dan Percentile
|
Pengukuran Gejala Pusat/Nilai
Pusat/Ukuran Rata-rata
|
·
Penghitungan mean, median, modus,
quartil, decile dan percentile
|
|
7.
|
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung
Ukuran Penyebaran Data
|
Ukuran Penyebaran Data
|
·
Pengertian Ukuran Penyebaran Data
·
Macam-macam Ukuran Penyebaran Data
(range, deviasi, varians)
|
|
8.
|
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung
Ukuran Penyebaran Data
|
Ukuran Penyebaran Data
|
·
·
Keunggulan/
kelebihan dan kekurangan range
|
|
9..
|
Dapat menjelaskan dan mampu menghitung
Ukuran Penyebaran Data
|
Ukuran Penyebaran Data
|
·
Pengertian Deviasi
·
Menghitung Deviasi Rata-rata
·
Menghitung Deviasi Standar
·
Keunggulan/
kelebihan dan kekurangan deviasi
|
|
10.
|
Dapat menjelaskan pengertian populasi,
sampel dan dapat menentukan teknik sampling yang sesuai
|
Populasi dan Sampel
|
·
Pengertian populasi dan sampel
·
Pengertian teknik sampling (Probability
Sampling dan Non Probability Sampling)
|
|
11.
|
Dapat menjelaskan pengertian populasi,
sampel dan dapat menentukan teknik sampling yang sesuai
|
Populasi dan Sampel
|
·
Macam-macam teknik sampling
|
|
12.
|
Dapat menjelaskan dan menghitung validitas
dan reliabilitas suatu instrumen
|
Validitas dan Reliabilitas
|
·
Pengertian
valid dan reliabel
·
Menghitung
validitas suatu instrumen
|
|
13.
|
Dapat menjelaskan dan menghitung validitas
dan reliabilitas suatu instrumen
|
Validitas dan Reliabilitas
|
·
Menghitung
reliabilitas suatu instrumen
|
DAFTAR
BUKU SUMBER
(1)
Ronald E. Walpole, Pengantar Statistika, Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama, 1995, Edisi ke-3
(2)
J. Supranto, Statistik Teori dan Aplikasi, Jakarta : Erlangga, 2008,
Edisi ke-7, Jilid 1
(3) Sudjana. Teknik Analisis Regresi dan
Korelasi. Bandung : Tarsito. 1983
(4) Sudjana. Metoda Statistika. Edisi
Kelima. Bandung : Tarsito. 1989
(5)
Furqon, Statistika Terapan untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2001
(6)
Irianto, A. Statistik Pendidikan (1). Jakarta: Depdikbud, 1988
(7)
Nasution, A.H, Metode Statistika untuk Penarikan Kesimpulan,
Jakarta: Gramedia, 1976
(8) Nurgiyantoro, B., Gunawan dan Marzuki. Statistik
Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta:
Gadjah Mada University
Press, 2000
(9) Siegel, S, Statistik Nonparametrik
untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Gramedia. 1997
(10) Edward, A.L. (1984). An Introduction to Linear Regression
and Correlation. 2nd ed. New
York : W.H. Freeman and Company.
(11) Erickson, B.H., & Nosanchuk. (1983). Memahami
Data Statistika untuk Ilmu Sosial. Jakarta: LP3ES.
(12) Muin Sibuea, Statistik, Medan:
Universitas Negeri Medan, 2011
No comments:
Post a Comment